Menu

Sangat Mudah, Beginilah Cara Menggunakan Mesin Laser Cutting

Mesin laser cutting merupakan teknologi canggih masa kini yang digunakan untuk berbagai kegiatan. Mesin cutting dapat digunakan untuk kegiatan potong, gravir, marking, serta perforasi. Nah setiap kegiatan atau aplikasi yang digunakan tentunya memerlukan setting khusus dan berbeda satu sama lainnya. Perlu proses persiapan dan pengaturan yang sesuai agar hasil yang didapat nantinya bisa maksimal.

Cara Menggunakan Mesin Laser Cutting

Pengaturan dan persiapan yang dilakukan pada mesin beragam. Kecepatan maupun kekuatan yang digunakan disesuaikan dengan material yang akan dipotong. Apabila tidak, besar kemungkinan material tidak akan terpotong sempurna atau bahkan terbakar. Kecepatan maksimum tidak cocok digunakan untuk semua bahan.

Kekuatan dan kecepatan maksimum pada mesin laser bisa mengakibatkan peningkatan panas. Peningkatan panas ini bisa merusak bagian potong. Akan terdapat bekas terbakar jika dipaksakan menggunakan kecepatan maksimum. Pada kertas atau kayu, material juga bisa terbakar karena panas yang ada. Oleh karena itu, perlu diketahui bersama cara menggunakan mesin laser cutting yang baik dan benar. Berikut ini akan kita bahas tahapan serta cara penggunaannya.

  1. Meng-Ekspor File

Kegiatan ini bertujuan agar mesin mau dan mampu mengerjakan perintah sesuai keinginan kita. Proses ekspor ini dilakukan setelah kita membuat sebuah pola pada software. Pola atau desain ini kemudian dikirimkan pada alat. Agar dapat digunakan dan diterima dengan baik, gunakan format .dxf.

  1. Persiapan Software

Persiapkan dulu sistem pada mesin sebelum mengirimkan file. Proses pengiriman ini dilakukan dengan cara memberikan perintah langsung. Perintah dimasukkan terlebih dahulu seperti kekuatan, kecepatan, serta mode yang akan digunakan. Harus kita ketahui bersama, bahwa mode pada setting mesin mempengaruhi praktik penggunaan yang akan dikerjakan.

Penggunaan mode cut digunakan untuk proses pemotongan, Mode scan merupakan perintah yang digunakan untuk pengukiran, serta mode dot yang digunakan pada proses pemotongan garis putus-putus. Setup mesin harus sangat diperhatikan agar proses pengerjaan dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

  1. Persiapan Hardware

Setelah segala proses persiapan terkait dengan software selesai, langkah berikutnya adalah persiapan mesin. Nyalakan mesin yang akan digunakan untuk memotong. Pada saat mesin menyala, akan terdegar bunyi beep sebanyak tiga kali. Bunyi ini menjadi tanda bahwa mesin sedang melakukan kalibrasi.

Setelah itu, letakkan material yang akan dipotong. Peletakkan material ini harus dilakukan pada tempat yang rata. Aplikasi pada kertas maupun benda yang mudah melengkung sebaiknya lebih diperhatikan. Pada kertas, sebaiknya gunakan juga alat perekat seperti solatip. Cara ini bertujuan agar kertas tidak melengkung dan menyulitkan proses kerja alat.

  1. Kalibrasi

Longgarkan dua baut hingga mengenai focus vibrator. Setelah itu, kencangkan kembali dua baut yang sudah dilonggarkan tadi. Pengencangan dilakukan agar panas dan focus laser tepat mengenai area yang akan dipotong.

  1. Memulai

Kembali cek semua persiapan yang telah dilakukan. Apabila semua langkah demi langkah sudah dilakukan, langkah berikutnya adalah memulai proses pemotongan. Tapi sebelum menekan tombol start, kalian tekan dulu penyedot panas mesin. Penyedot panas ini berfungsi menyerap asap pebakaran pada mesin.

Cara menggunakan mesin laser cutting untuk membuat huruf timbul sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengikuti beberapa saran dan langkah-langkah sebelum memulai proses pengerjaan. Lakukan dengan seksama dan sesuai instruksi yang ada. Jika sudah, biarkan mesin bekerja dan memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Demikian artikel mengenai cara menggunakan mesin ini semoga bermanfaat.

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.